My radio

Peradilan Nasional

Lembaga peradilan di seluruh wilayah Republik Indonesia adalah peradilan Negara yang ditetapkan dengan undang-undang. Hal ini menunjukkan bahwa selain peradilan Negara, tidak dibolehkan ada peradilan-peradilan yang bukan dilakukan oleh badan peradilan Negara (Pasal 3 UU No.4 Tahun 2004).
Peradilan dilakukan Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Setiap putusan pengadilan menghasilkan putusan akhir. Dalam hal ini, setiap putusan akhir pengadilan harus dapat diterima dan dilaksanakan untuk memberi kekuatan pelaksanaan putusan (Pasal 4 ayat 1 UU No. 4 Tahun 2004).
Proses pengadilan dilakukan dengan sederhana, cepat, dan biaya ringan. Peradilan sederhana adalah sederhana peraturannya, sederhana untuk dipahami, dan tidak berbelit-belit. Cepat berarti tidak berlarut-larut proses penyelesaiannya. Peradilan dengan biaya ringan tidak membebankan kepada pihak-pihak yang bersengketa/berperkara (Pasal 4, ayat 2 UU No. 4 Tahun 2004).
Pengadilan mengadili menurut hokum tanpa membedakan status seseorang. Di depan hokum, semua orang adalah sama (equality before the law). Pengadilan tidak hanya mengadili berdasarkan undang-undang, tetapi mengadili menurut hokum. Kekuasaan ini member kebebasan lebih besar kepada hakim (Pasal 5 ayat 1 UU No. 4 Tahun 2004).
Kebebasan kehakiman, bersikap menunggu (pasif). Dengan kata lain, apabila tidak ada perkara diajukan kepada hakim, hakim bersifat menunggu adanya atau diajukannya sebuah perkara (Pasal 6 UU No. 4 Tahun 2004).
Pengadilan tiak boleh menolak untuk memeriksa dan mengadili suatu perkara yang diajukan dengan alas an bahwa hukumnya tidak jelas atau kurang jelas. Dengan kata lain, suatu perkara yang undang-undangnya tidak lengkap atau tidak ada, pengadilan wajib menemukan hukumnya dengan jalan menafsirkan, menggali, mengikuti, dan memahami nilai-nilai hokum yang hidup dalam masyarakat (Pasal 16 UU No. 4 Tahun 2004).
Semua pengadilan memeriksa dan memutus perkara dengan majelis yang sekurang-kurangnya terdiri atas tiga orang. Tujuan ketentuan tersebut adal untuk lebih menjamin rasa keadilan. Asas keadilan ini tidak menutup kemungkinan untuk memeriksa dan memutus suatu perkara yang dilakukan oleh hakim tunggal (Pasal 17 ayat 1 UU No. 4 Tahun 2004).